Cara Mengatasi dan Mengurangi Nyeri saat Sakit Gigi

Sakit adalah reaksi tubuh terhadap adanya kerusakan pada bagian tubuh, seperti kita ambil contoh adalah sakit gigi. Saat kamu sedang mengalami sakit gigi reaksi tubuh kamu adalah munculnya rasa nyeri dan berdenyut-denyut pada bagian rahang gigi yang sakit. Rasa sakit pada gigi tidak berlangsung lama atau terasa datang dan pergi sehingga bisa dibilang konstan dan tidak tetap.
sakit gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh karena adanya lubang pada gigi, sehingga menimbulkan infeksi pada gigi yang dikarenakan kuman gigi yang telah merusak jaringan syaraf gigi. Inilah kenapa kita yang memiliki lubang pada gigi harap menjaga kebersihan gigi, serta dapat memilih makanan yang dapat memicu reaksi pada gigi berlubang.

Efek dari sakit gigi ini tidak saja dirasakan oleh gigi saja sebab biasanya pada bagian didekat gigi yang berlubang pun akan ikut terasa sakit atau berdenyut-denyut juga, selain itu juga sakit gigi juga memiliki tingkat sensitif yang tinggi. Jangan sampai karena kamu sedang sakit gigi aktivitas kamu jadi terganggu, ada beberapa  cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mengurangi sakit nyeri pada gigi.

Baca juga : 7 Resep masakan sehat lebaran favorit keluarga

Cara Mengatasi dan Mengurangi Nyeri pada Sakit Gigi

Untuk kamu yang ingin mengurangi dan mengatasi rasa sakit saat sedang sakit gigi kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada didapur, berikut listnya:
  • Kompres dengan air Dingin
Ketika sakit gigi pasti akan menimbulkan bengkak pada bagian rahang atau pun gusi ini menunjukkan kalau pada bagian tersebut terjadi infeksi sehingga menimbulkan rasa denyut atau sakit yang luar biasa. Untuk mengurangi dan mengatasi hal tersebut kamu bisa mengompress atau menempelkan es batu yang dibalut dengan handuk, kemudian kamu tempelkan pada bagian yang terasa sakit.

Tujuan dari kompress ini adalah untuk menyempitkan pembuluh darah yang akan bisa mengurangi rasa sakit pada bagian rahang atau pun gusi.
  • Berkumur dengan air Garam
Sakit gigi memang banyak penyebabnya sehingga banyak juga hal yang bisa digunakan untuk mengatasinya, seperti misalnya dengan berkumur dengan air garam ini. Cara untuk membuat larutan garam ini cukup gunakan 1/2 sendok sampai 1 sendok garam kemudian larutkan dengan air hangat.

Untuk pemakaian langsung minum dan berkumur dengan larutan garam tersebut. Tujuan dari berkumur dengan larutan garam ini adalah untuk membersihkan kotoran dan juga membersihkan bagian gigi yang terasa sakit.
  • Bawang Putih
Untuk mengatasi sakit gigi tidak perlu harus ke klinik atau pun rumah sakit, namun bisa juga cukup menggunakan bahan-bahan dapur seperti bawang putih. Kandungan bawang putih selain antibiotik  juga mengandung alisin yang dipercaya mampu untuk mengatasi infeksi.

Untuk penggunaan bawang putih dalam mengatasi sakit gigi yang nyut-nyutan bisa langsung dikonsumsi melalui masakan namun untuk bisa terasa secara efektif yaitu dengan mengahcurkanya dan dicampur dengan sedikit garam dan langsung saja dioleskan pada bagian yang sakit.
  • Dengan minyak Cengkeh
Menggunakan minyak cengkeh untuk mengurangi nyeri sakit gigi adalah dengan merendam kapas yang telah diberikan minyak cengkeh dan kemudian tempelkan atau gigit pada bagian yang sakit, lalu diamkan selama beberapa saat sampai kira-kira minyak telah meresap pada bagian gigi yang sakit.

Kenap kami menyarankan menggunakan minyak cengkeh sebab minyak cengkeh memiliki kandungan eugenol yang alami dan memiliki sistem kerja seperti benzocaine atau senyawa yang bisa meredakan sakit pada gigi.

Minyak cengkeh bisa kamu beli di apotek terdekat.
  • Minyak Vanili
Menggunakan kinyak vanili pun juga sangat efektif untuk mengetasi sakit gigi yang terasa berdenyut-denyut, sebab memiliki kandungan antioksidan dan alkohol yang cukup. Sehingga akan cukup membantu dan mengurangi rasa sakit saat bengkak pada gigi.

Minyak vanili juga cukup mudah untuk ditemukan ditoko dekat rumah kok, jadi jangan risau kalau bakalan susah untuk menemukan minyak ini.
  • Minum Obat Pereda Sakit
Mengatasi sakit gigi tidak harus dengan menggunakan obat alami, sebab sakit gigi juga perlu penanganan medis. Oleh karena itu penggunaan obat pereda sakit pun diperlukan, karena apabila bahan alami tidak mempan tentu saja obat warung untk sakit gigi bisa menjadi alternatif untuk mengatasi dan mengurangi sakit gigi.

0 Response to Cara Mengatasi dan Mengurangi Nyeri saat Sakit Gigi

Posting Komentar