Penyebab dan cara meredakan Haid dan Nyeri pada Perut

Perempuan atau wanita adalah makhluk yang istimewa sebab mereka selalu dijaga dan selalu dilindungi sama yang maha kuasa, salah satu bahwa yang maha kuasa sayang dengan perempuan adalah dengan memberikan haid atau menstruasi. Menstruasi atau haid adalah keluarnya darah dari vagina yang disebabkan oleh luruhnya dinding rahim karena sel telur tidak dibuahi. Pada kondisi ini  biasanya akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut, sebab otot dinding rahim melakukan kontraksi.
cara meredakan nyeri Haid

Inilah rasa dan kasih sayang yang maha kuasa terhadap perempuan, namun secara ilmiah hal itu tidak ada hubungannya dengan rasa kasih dan sayang. Sebab kondisi ini dianggap adalah kondisi yang alami dan normal.

Nyeri saat haid biasa akan menyerang atau dirasakan pada bagian perut, pinggang hingga selangkangan. Bentuk dari rasa sakit ini dapat berupa kram atau ngilu pada daerah tersebut, bahkan bisa sampai membuat mual, muntah, sakit kepala, hingga diare. Meski nyeri haid dianggap normal dan wajar pada kebanyakan perempuan, namun kamu harus tetap waspada dan hati-hati apabila rasa sakit atau nyeri tidak seperti biasa dan bahkan lebih sakit dari haid sebelumnya.

Baca juga :  Makanan penyebab yang wajib dihindari.

Tingkatan pada rasa nyeri umumnya bervariasi dan berbeda-beda serta dapat juga dipengaruhi oleh berbagai hal dan faktor seperti :
  • Perempuan tersebut memiliki kebiasaan merokok,
  • Saat menstruasi mengeluarkan darah berlebihan,
  • Belum pernah memiliki bayi,
  • Mengalami masa puber sebelum berusia 11 tahun.
Selain itu tadi sempat dibahas kenapa harus hati-hati dan waspada terhadap rasa nyeri yang tidak sewajarnya atau sakit yang terlalu, terutama jika sampai rasa nyeri itu mengganggu aktivitas kamu karena selain merupakan gejala premenstrual (PMS) bisa jadi hal ini diakibatkan oleh kondisi medis yang lain, seperti:
  • Endometriosis
  • Fibroid pada rahim seperti myoma
  • Penyakit radang panggul/PID
Kamu perlu berhati-hati sebab apabila kamu memang sedang mengalami mens sebab kamu wajib menjaga kebersihan dan juga kesucian kamu.

Penyebab dan cara meredakan Haid dan Nyeri pada Perut

Berikut kami akan memberikan cara untuk meredakannyeri haid atau mens yang berlebihan atau terasa sangat sakit pada bagian perut, berikut lengkapnya :
  • Mengatur pola makan. Ialah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium dan antioksidan yang cukup tinggi bisa dijadikan pilihan kamu untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Usahakan untuk menghindari dan jangan mengkonsumsi kafein, alkohol, dan rokok, cukup air biasa sangat kami sarankan agar gangguan ini bisa reda.
  • Melakukan Olahraga. Untuk mengurangi hormon prostaglandin, olahraga sangat disarankan. Sebab dengan membakar kelebihan produksi hormon prostaglandin, rasa sakit saat haid akan bsisa reda secara alami dan perlahan.
  • Kompres dengan air hangat. Agar kram atau nyeri haid reda, kompres air hangat mungkin juga cukup bisa membantu menguangi rasa nyeri. Bisa juga menggunakan botol yang diisi air hangat untuk kemudian ditempelkan di area yang sakit. Hal ini berfungsi untuk merelaksasi otot-otot yang tegang disekitar perut dan rasa pada rasa nyeri lainnya.
  • Minum Obat anti Nyeri. Bisa juga dengan minum obat anti nyeri yang dijual bebas sebab memang cukup aman untuk di konsumsi seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat seperto ini juga bisa meredakan nyeri pada otot dan juga bisa mengurangi produksi berlebih hormon prostaglandin.
Meski memang, nyeri yang dirasakan oleh wanita tergolong wajar dan normal. Namun kamu harus perlu waspada jika rasa nyeri tidak seperti biasa atau lebih sakit dari sebelumnya. Pada kondisi tersebut misalnya, segeralah untuk menghubungi  pihak yang mengerti seperti dokter jika nyeri haid berlebihan dan tak kunjung reda dan disertai beberapa kondisi lain yang mengganggu.

0 Response to Penyebab dan cara meredakan Haid dan Nyeri pada Perut

Posting Komentar