Bagaimana Cara Mengatasi Mata Lelah dan Gatal karena Bekerja

Ada teman kita yang menanyakan seputar mata nih, dia menanyakan mengatasi mata lelah karena bekerja. Mata lelah adalah kondisi saat mata Anda mengalami kelelahan akibat penggunaan yang intens, seperti mengendarai mobil dengan waktu yang panjang, membaca, atau bekerja di depan komputer. (https://hellosehat.com/)
Jadi secara garis besar menurut saya mata lelah ini karena kita terlalu memaksakan indera penglihatan (mata) untuk tetap terjaga dan terus saja melihat serta kita tidak memberikannya waktu untuk beristirahat walau sejenak. Sehinngga menimbulkan mata menjadi lelah atau gatal pada bagian mata.

Dan teman kita ini secara jelas bertanya begini. "Dok, apakah propolis bisa digunakan sebagai obat tetes mata untuk mengatasi mata perih atau mata terasa lelah? atau bagaimana cara mengatasi mata lelah karena aktivitas sehari-hari saya mengharuskan untuk menatap layar laptop/gadget terus?"
Dari pertanyaan yang teman kita lontarkan ini kita bisa melihat masalahnya yaitu mata dia lelah karena sering digunakan untuk menatap laptop dan gadget sehingga merasakan perih pada bagian matanya.

Gejala awal yang seringkali terhadap mata lelah yang dirasakan ialah bagian mata terasa nyeri, pedih atau gatal, mata berasa seperti berair atau agak kering, pandangan sedikit kabur, dan mata lebih sensitif terhadap cahaya.

Baca juga : Best position for sleeping at night.

Memang hal ini merupakan hal yang memang cukup intens atau hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri, sehingga kamu perlu segera menghentikan kegiatanmu sekarang dan langsung saja kamu istirahatkan mata kamu sejenak.

Cara Mengatasi Mata Lelah dan Gatal karena Bekerja

Untuk menanggulangi dan juga penanganan pertama dari mata lelah sebagai berikut:
  • Pilih pencahayaan ruangan yang sesuai. Hindari cahaya yang terlalu terang, baik dari lampu atau sinar matahari, karena dapat menyilaukan mata dan membuatmu sulit menatap ke layar, yang dapat memicu mata lelah.
  • Cek kondisi udara tempat kamu beraktivitas.
  • Mengkompres mata dengan kain yang sudah dibasahi air hangat, atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai merasa mata kering
  • Mengatur pencahayaan layar komputer atau gadget dan kontras sesuai kebutuhan atau gunakan filter pada layar agar tidak terlalu menyilaukan mata.
  • Jangan lupa untuk mengedipkan mata.
Dengan demikian maka kamu perlu menjaga dan memperdulikan kesehatan mata kamu karena mata adalah indera yang paling penting dan paling sering kita gunakan untuk beraktifitas sehingga apabila kita sudah selesai dengan pekerjaan atau dengan tugas alangkah lebik baik dan bijak apabila kita isirahat karena inilah cara yang mudah untuk menjaga kesehatan mata kita.

0 Response to Bagaimana Cara Mengatasi Mata Lelah dan Gatal karena Bekerja

Posting Komentar